Pendidikan Agama Kristen Berbasis KKNI

Pendidikan Agama Kristen (PAK) yang dilakukan di Indonesia secara formal dalam satuan pendidikan seperti di Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dilaksanakan dalam pendekatan kurikulum (tujuan, materi, proses dan evaluasi) yang berbasis K13 Revisi, khususnya di SMK menggunakan kurikukulum berbasis KKNI dengan filosofis yang berbeda tetapi saling memperlaengkapi. Demikian juga pelaksanaan pendidikan Agama Kristen secara formal di perguruan tinggi yang berbentuk universitas, Institut, sekolah tinggi, akademi dan politeknik menggunakan kurikulum berbasis KKNI.
Di sekolah Tinggi Teologi yang tersebar di Indonesia, kini menggunakan kurikulum berbasis KKNI. Menggunakan KKNI di Sekolah Tinggi Teologi mewajibkan para dosen membuat silabus dan Rencana Pembelajaran Semester atau istilah sejenisnya wajib menggunakan silabus dan RPS yang sesuai dengan format kurikulum KKNI.
Dalam konteks demikian, saya menggunakan istilah Pendidikan Agama Kristen berbasis kurikulum KKNI atau kurikulum berbasis KKNI (Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia). Menggunakan kurikulum berbasis KKNI membuat dosen harus membuat silabus dan Rencana Pembelajaran Semester dengan komponen-komponen sebagai berikut.

Komponen Silabus Berbasis KKNI


Identitas

Mata Kuliah :
Bobot :
Semester/Prodi :
Dosen :

Capaian Pembelajaran
Sikap
S2
S6
S9
S10
Ketrampilan Umum

KU 2
KU 3
KU 4

Capaian Pembelajaran Prodi:
Sikap :
S2. menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral,dan etika
S6. Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
S9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
S10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
Keterampilan Umum
KU 2. Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural.
KU 3. Mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data, dan mampu memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternative solusi secara mandiri dan kelompok.
KU 4. Bertanggungjawab pada pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggungjawab atas pencapaian hasil kerja organisasi.
Pengetahuan
P Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebutsecara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural.
P1: Mampu mengaplikasikan bidang keahliannya dan memanfaatkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni pada bidang perpustakaan digital dalam penyelesaian masalah serta mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi.
P2: Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan dalam bidang perpustakaan digital secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural.
Keterampilan Khusus
KK Mampu memanfaatkan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) untuk ..... (rumuskan sesuai dengan materi Pendidikan Kristen yang akan diajarkan)
KK1: Mampu bertindak sebagai manajer untuk ...... (rumuskan sesuai dengan materi Pendidikan Kristen yang akan diajarkan)
KK5: Mampu berkomunikasi secara efektif.
Capaian Pembelajaran matakuliah:
M Mahasiswa mampu menguasai terori tentang Pendidikan Agama Kristen
M1 = Mahasiswa mampu menjelaskan tentang definisi dan pengertian PAK
M2 = Mahasiswa mampu mempresentasikan Pendidikan Agama Kristen (PAK)
M2 = Mahasiswa mampu membandingkan perkembangan PAK di beberapa Negara
M3 = Mahasiswa mampu melakukan pengajaran Pendidikan Agama Kristen
M4 = Mahasiswa mampu mengunggah dokumen dan sumber informasi PAK.
M5 = Mahasiswa mampu melakukan menganalisa berbagai metode Pengajaran dan mengimplementasi dalam Pendidikan Agama Kristen
M6 = Mahasiswa mampu membuat deskripsi rinci PAK.
Deskripsi Matakuliah
Jelaskan pokok-pokok yang hendak dibahas dalam sebuah mata pelajaran Pendidikan Agama Kristen di PT
Mata Kuliah ini membahas ..... dalam PAK dan seterusnya
Materi Ajar
Sub Pokok Bahasan
Previous Post
Next Post
Related Posts

0 comments: