Pendidikan Agama Kristen dalam Paradigma Cornelius Van Til

Postingan ini tidak bermaksud menguraikan teori Vantil secara luas dan mendalam tentang antitesis dalam pendidikan. Postingan ini hanya berusaha mengadaptasi pemikiran Cornelius Van Til, dalam hal Pendidikan Agama Kristen. 
Menurut Conelius Van Til, Pendidikan Agama Kristen adalah pendidikan yang membawa anak langsung bertemu dengan Tuhan dan bukan pendidikan yang membawa anak langsung kepada dunia. Bagian akhir ini dilakukan oleh mereka yang melaksanakan pendidikan diluar iman Kristen. Orang Kristen percaya bahwa Allah menciptakan alam semesta. Orang Kristen memiliki alam semesta yang terbatas. Oleh karena itu orang Kristen membawa anak untuk berhadapan langsung dengan Tuhan Allah, bukan pendidikan tanpa Allah (Godless education). Pendidikan Kristen dilakukan bersama Allah dan bukan pendidikan tanpa Allah. Pendidikan Kristen tidak mengenal model pendekatan membawa anak didik langsung berhadapan dengan dunia. Pendidikan demikian adalah pendidikan tanpa Allah. Pendidikan demikian menolak manusia sebagai ciptaan Tuhan yang bertanggungjawab kepada TUHAN. Pendidikan tanpa Allah adalah pendidikan yang humanistik (berpusat kepada manusia). Manusia harus hidup bagi Allah dan bukan hidup untuk dirinya sendiri.

Pendidikan Kristen berlangsung dengan tujuan, isi dan metode yang jelas. Dengan kata lain, kita tahu apa tujuan pendidikan, kita juga tahu apa isi Pendidikan Agama Kristen dan metode pengajaran Kristen dan bagaimana mengevaluasinya.
Previous Post
Next Post
Related Posts

0 comments: